Monday 29 May 2017

Bikin Kue Tanpa Oven, Bisa Gak Ya?

Siapa sih yang ga suka nyemil? Tentunya semua suka dong termasuk aku yang suka banget nyemil aneka kue kering. Saking sukanya, aku jadi kepengen bikin kue sendiri tapi niat ini terpaksa diurungkan karena aku ga punya oven, salah satu peralatan membuat kue yang penting. Sampai-sampai aku mau bikin kue tanpa oven tapi kira-kira bisa gak ya? Akan berhasil atau gagal total ya?

Tau gak sih, padahal mama aku itu jagoan bikin kue lho! dan setiap memasuki bulan puasa dan Idul Fitri, pasti beliau kebanjiran pesanan kue kering.  Dulu waktu belum berkeluarga, aku ikut membantu mama membuat kue pesanan tersebut jadi kurang lebih cukup tahu bahan serta proses pembuatannya. Nah sekarang setelah berkeluarga, aku kepengen juga dong bisa bikin kue yang enak buat suami dan anak-anak.


Tahun lalu, saat D2 mulai MPASI, aku pernah bikin almond cookies sendiri dengan kondisi tanpa oven. Aku memanggangnya dengan menggunakan frying pan dan hasilnya... almond cookies bentuknya ga menarik dan sedikit gosong. Belajar dari pengalaman itu, aku jadi gak pede lagi untuk bikin kue tanpa oven. So, i think having an oven in my kitchen is A MUST!

20 Mei 2017 bertempat di Lucy In The Sky, SCBD, Blue Band Indonesia bersama The Urban Mana mengadakan talkshow dan baking workshop kue khas Lebaran dengan Blue Band Cake and Cookie yang bertema "From Kitchen with Love" yang dihadiri oleh Nando  Kusmanto (Brand Manager Blue Band), Ayu Anjani Raharjo (chef muda berbakat), Ayudia Slamet yang berbagi tentang kebiasaan membuat kue sendiri serta Amy Zein sebagai MC.


"Blue Band mengerti setiap ibu ingin selalu membuat kue khas Lebaran yang enak, istimewa karena dibuat sendiri dengan penuh cinta. Tapi ada tantangan yang juga dihadapi ibu dalam membuat kue Lebaran mulai dari minimnya peralatan membuat kue hingga keterbatasan inspirasi membuat resep kue Lebaran yang unik. Blue Band Cake and Cookies adalah varian Blue Band yang dikhususkan untuk membuat kue dengan perpaduan margarin dan butter. Dengan kandungan butter yang lebih banyak, kue buatan ibu akan lebih sempurna teksturnya, lebih renyah dengan rasa dan aroma yag pas tanpa perlu menambahkan butter", ujar Nando Kusmanto.

Blue Band Cake and Cookie berkolaborasi dengan chef Anjani dengan menciptakan 10 resep kue khas Lebaran tanpa oven. 10 resep kue khas Lebaran tanpa oven tersebut adalah Kastengel, Nastar Keju, Putri Salju Pandan, Bola Mentega, Chocolate Chip Cookies, Kue Kacang Strawberry, Kue Kelapa Kismis, Kue Sus Keju, Kue Putu dan Rainbow Crispy Treats. Kumpulan Resep No-Oven ini dapat diakses gratis melalui website resmi Blue Band dan Fan Page Blue Band.


 Sedangkan bagi Ayudia, "Lebaran merupakan momen spesial untuk keluarga besar saya yang selalu berkumpul saat Lebaran dan pastinya banyak sekali makan dan kue-kue enak. Sekarang saat saya sudah berkeluarga, saya tetap ingin mempertahankan kebersamaan itu dan membuat kue Lebaran sendiri untuk suami dan anak. Saya cukup bingung dalam mencari resep, bukan karena tidak ada tapi justru karena terlalu banyak resep sehingga bingung harus pakai yang mana, belum lagi risiko gagalnya. Makanya saya seneng banget waktu lihat Resep No-Oven di website Blue Band, saya udah gak sabar mau mencoba sendiri karena kelihatannya mudah dibuat, praktis dan pasti enak."

Chef Anjani menceritakan, "Selama proses kreatif menciptakan 10 resep kue khas Lebaran tanpa oven ini, saya merasa antusias sekaligus tertantang karena saya harus menciptakan modifikasi untuk kue-kue yang sangat khas disajikan saat Lebaran sehingga kue-kue ini dapat dibuat tanpa perlu menggunakan oven. Kami pilih resep kue yang biasanya selalu tersedia saat Lebaran dengan cara baking  yang sangat berbeda. Tantangannya, rasa dan tekstur tetap harus klasik seperti yang dikenal banyak orang. Saya berharap 10 resep kue khas Lebaran tanpa oven ini bisa membuat ibu lebih bersemangat menyiapkan kue  yang tidak terlalu rumit proses pembuatannya dan tentunya bisa dibuat tanpa oven."

Kemudian chef Anjani mendemonstrasikan cara membuat Chocolate Chip Cookies tanpa oven. 

  

Ternyata beneran bisa lho bikin kue tanpa oven dengan cara pakai panci yang diberi 2sdm air dan api yang sangat kecil. Dengan cara ini (tanpa oven), proses membuat kue menjadi lebih sederhana dan mudah.  

Selanjutnya aku ikutan tantangan bikin kue tanpa oven dan berhasil!


Ternyata beneran bisa bikin kue tanpa oven! Kalau begini caranya aku jadi makin pede deh bikin kue sendiri yang enak untuk keluarga dan ga ada alasan lagi gak punya oven, resepnya sulit atau gak ada waktu. Rintangan-rintangan itu semua sudah dibuat mudah oleh Blue Band Cake and Cookies, Than you Blue Band dan The Urban Mama!

Kira-kira aku akan cobain bikin kue dari #ResepMudahMeriah yang mana ya di Resep No Oven?

No comments: